Thursday, December 19, 2013

Makna pemimpin

Terdapat tiga aspek kepimpinan :

a) Hati yang melayan (servant heart)
Kepimpinan yang melayani dimulai dari dalam diri kita. Kepimpinan menuntut suatu transformasi dari dalam hati dan perubahan karakter. Kepimpinan sejati dimulai dari dalam dan kemudian bergerak ke luar untuk melayani mereka yang dipimpinnya. Di sinilah pentingnya karakter dan intergriti seorang pemimpin untuk menjadi pemimpin sejati dan diterima oleh orang yang dipimpinnya.

b) Kepala yang melayan (servant head)
Seorang pemimpin sejati tidak cukup hanya memiliki hati atau karakter semata, tetapi juga harus memiliki serangkaian metod kepemimpinan agar dapat menjadi pemimpin yang efektif. Banyak sekali pemimpin memiliki kualiti dari aspek yang pertama, iaitu karakter dan integriti seorang pemimpin, tetapi ketika menjadi pemimpin formal, justru tidak efektif sama sekali karena tidak memiliki metod kepemimpinan yang baik iaitu tiada karismatik.

c) Tangan yang melayani (servant hand)
Pemimpin sejati bukan sekadar memperlihatkan karakter dan integriti  serta memiliki kemampuan dalam metod kepemimpinan tetapi dia harus menunjukkan perilaku maupun kebiasaan seorang pemimpin.

Dalam buku Ken Blanchard disebutkan ada empat perilaku seorang pemimpin, iaitu pemimpin tidak hanya sekadar memuaskan mereka yang dipimpinnya tetapi sungguh-sungguh memiliki kerinduan untuk memuaskan Tuhan. Ertinya dia hidup dalam perilaku yang sejalan dengan Firman Tuhan. Dia memiliki misi untuk sentiasa memuliakan Tuhan dalam setiap apa yang difikir, diperkatakan dan dibuatnya.

Pemimpin sejati fokus pada hal-hal spiritual dibandingkan dengan sekadar kesenangan duniawi. Baginya kekayaan dan kemakmuran adalah untuk membolehkannya melakukan amal yang lebih banyak. Apapun yang dilakukan bukan untuk mendapat penghargaan tetapi untuk melayani sesamanya. Dan dia lebih mengutamakan hubungan yang penuh kasih dan penghargaan, dibandingkan dengan status dan kekuasan semata.

Wallahu alam.

Mohamad Nawi b Jaffar
Nadwah kepemimpinan Islam
Sekolah Menengah

No comments:

Post a Comment