Thursday, February 19, 2015

Pahala berbakti kepada kedua orang tua


Pelajaran 62

a) Diriwayatkan oleh Ali b Abi Talib, bahwa rasulullah saw bersabda: Aku berlepas diri dari seseorang yang tidak memenuhi kedua orang tuanya. Aku bertanya: Jika ia tidak mempunyai sesuatu ya rasulullah? Rasulullah menjawab: Ia hendaknya menerima kata-kata mereka dengan baik, lemah lembut dan tidak membentak mereka atau mengeluarkan kata-kata yang menunjukkan kejengkelan atau ketidak sabaran.

b) Diriwayatkan bahwa ada seorang pria datang kepada rasulullah saw memohon nasihat yang dapat berguna baginya dunia dan akhirat. Rasulullah bertanya kepadanya: Adakah engkau masih mempunyai ibu dan bapak? Ya, jawab si pria. Bila kau memenuhi hak mereka dan memberi makan kepada mereka berdua, engkau akan memperoleh untuk setiap suap makanan satu gedung di syurga.

Datang pula seorang pria lain dan berkata: Ya rasulullah, apa yang harus saya berbuat terhadap ibuku yang aku penuhi kewajibanku memberi nafkah kepadanya akan tetapi ia selalu menggangguku dengan lidahnya yang tajam? Rasulullah menjawab: Demi Allah, andaikata telah motong dagingmu, belumlah engkau memenuhi seperempat dari kewajibanmu terhadap ibumu, tidakkah engkau mengetahui bahwa syurga itu di bawah tapak kaki ibu. Setelah mendengar sabda rasulullah pulanglah pria itu berlutut di depan ibunya sambil mencium telapak kakinya seraya berkata: Aku telah diperintahkan oleh rasulullah saw.

c) Diriwayatkan oleh Abu Dzarr Alghifari ra bahwa rasulullah saw bersabda: Barangsiapa berjalan untuk berziarah kepada kedua orang tuanya, Allah akan mencatat baginya untuk tiap langkah seratus pahala dan menghapus seratus dosa serta mengangatnya ke seratus tingkat. Dan jika ia duduk bersantai dengan mereka berdua bercakap-cakap dengan kata-kata yang baik, maka oleh Allah diampuni dosanya dan di hari Qiamat akan dikaruniai cahaya mendampinginya.

Wallahu ’alam

H.Salim Bahreisy
Bekal Juru Da’wah Jilid 2
Surabaya, 1977

No comments:

Post a Comment