Monday, February 16, 2015

Hijrah untuk bertaat kepada Allah

Pelajaran 59

a) Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra bahwa rasulullah saw bersabda: Jika seorang mu’min meninggal dunia, maka rohnya akan tetap mengelilingi rumahnya selama satu bulan memperhatikan sanak keluarganya bagaimana mereka membahagi harta peninggalannya dan menyelesaikan hutang-piutangnya kemudian mengelilingi kuburnya selama setahun memperhatikan siapa yang datang berziarah, berdukacita dan berdoa untuk dia. Setelah itu baru diangkat ke tempat di mana roh-roh berkumpul hingga hari ditiupnya sangkakala tanda bangkit kembali.
(Bahjatul-Anwar)

b) Ditanya Abu Hanifah ra. Dosa apakah yang ditakutkan mencabut iman?. Ia menjawab: Meninggalkan syukur kepada Allah atas nikmatnya iman, tidak takut akan su’ul khatimah dan berbuat zalim terhadap sesama hamba Allah.
(Kanzul-Akhbar)

c) Jika jenazah seseorang yang mati diangkat untuk dikuburkan, maka Allah SWT mengutus empat malaikat mengikutinya. Dan bila jenazah telah diletakkan di atas kubur, berkatalah salah satu dari malaikat itu: Ajal telah tiba dan semua harapan telah terputus, kemudian berkata yang kedua: Harta kekayaan telah sirna dan tinggal amal dan yang ketiga berkata: Usailah segala pekerjaan dan tertinggal kecelakaan dan yang keempat berseru: Bahagialah engkau jika makanan-minumanmu dari barang halal dan engkau selalu sibuk dengan pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Agung.
(Bahjatul-Anwar)

Wallahu ’alam

H.Salim Bahreisy
Bekal Juru Da’wah Jilid 2
Surabaya, 1977

No comments:

Post a Comment