Tuesday, February 24, 2015

Al-Baqarah dan hadis (4)

Shafa’at puasa & Al-Quran

Hadis 16

[2:185] Dari Abdullah bin Umar, rasulullah saw bersabda: Pada Hari Kiamat kelak, puasa dan Al-Quran  akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba. Puasa berkata; Wahai Tuhan! Sesungguhnya aku telah mencegahnya dari makanan dan keinginan syahwat di siang hari. Maka berikanlah syafa’at kepadaku. Dan Al-Quran berkata: Wahai Tuhan! Aku telah mencegahnya dari tidur di malam hari, maka berikanlah syafa’at kepadaku. Kemudian Allah SWT, memberikan syafa’at melalui keduanya. (HR. Imam Ahmad, At-Thabarani dan Hakim)

Makanan halal

Hadis 17

[2:188] Abu Bakar Shiddiq ra memiliki hamba sahaya yang bertugas mengatur bagian Abu Bakar Shiddiq. Suatu ketika si hamba sahaya membawakan hidangan. Lantas Abu Bakar pun menyantapnya. Tidak berselang lama, si hamba sahaya bertanya: Tahukah gerangan apa yang anda makan tadi? Tidak, apa memang? Tanya Abu Bakar.

Dulu di masa jahiliyah, saya pernah dianggap sebagai paranormal. Padahal saya bukan ahlinya. Namun pernah ada seseorang yang bertanya tentang perdukunan. Aku pun menjawabnya alakadarnya. Namun kemarin ia bertemu denganku dan memberikan hidangan yang tadi anda makan, ungkapnya.

Mendengar demikian, Abu Bakar memasukkan jemari ke kerongkongnya. Tidak lama kemudian Abu Bakar memuntahkan makanan yang telah masuk ke perutnya. (HR.Al-Bukhari)

Dunia

Hadis 18

[2:212] Dunia adalah tempat tinggal orang yang tidak memiliki tempat tinggal dan harta bagi orang yang tidak memiliki harta. Demi dunia, berkumpul orang-orang yang tidak memiliki akal. (HR.Ahmad)

Arak

Hadis 19

[2:219] Rasulullah saw bersabda: Takutlah kalian dengan arak. Kerana ia merupakan kunci dari segala kejahatan. (HR Al-Askari,Kasyful Khafa,1/459)

Thalaq

Hadis 20

[2:231] Sesuatu yang halal dan paling dibenci di sisi Allah adalah thalaq (cerai) (Hadis shahih diriwayatkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah dan Hakim,Al-Jami’ Ash-Shaghir,1/11)

Wallahu a’lam.

Al-Quran Tajwid Warna & Terjemahan
Humaira Bookstore Enterprise

No comments:

Post a Comment