Thursday, October 25, 2012

Doa Hari Arafah


Ya Allah, wahai Yang Maha Mendengar, inilah kami hamba-hamba-Mu ya Karim, Hamba-Mu yang berlumur dosa, bergelimang maksiat, kini memohon kepada-Mu, wahai Yang Maha Rahman, betapapun kami tidak bisa melihat-Mu, tapi bukankah Engkau sedang menatap kami. Engkau sudah tahu persis apa yang kami lakukan. Mata berlumur maksiat, telinga berlumur dosa. Engkau sudah mendengar setiap kata yang terucap lisan ini. Engkau tahu persis setiap kebohongan kami. Engkau telah mengetahui janji yang tidak kami tepati. Ya Rabb, Engkau pun tahu apa yang dilakukan oleh tubuh ini. Semua maksiat yang pernah dilakukan telah Engkau saksikan semuanya. Malu rasanya di hadapan-Mu ya Allah, tubuh di depan-Mu ini kami kotori dengan maksiat, kami lumuri dengan aib.
Ya Allah, Engkau tahu kebusukan hati kami, sering menyombongkan apa yang kau titipkan, mempamerkan, riak, hati penuh kedengkian.
Ya Allah, kami ingin merubah semuanya. Kau tahu betapa penatnya hidup seperti ini, betapa menderita hidup jauh dari-Mu, betapa sengsara hidup bergelimang dosa dan maksiat.
Ya Rabb, jadikan saat ini benar-benar menjadi saat Engkau mengubah diri-diri kami, dari si busuk berlumur dosa menjadi orang yang terpelihara dengan Karunia-Mu,dari hamba-Mu yang nista berlumur aib, menjadi orang yang mulia disisi-Mu, dari si malas, lalai, menjadi orang yang terpelihara dengan karunia-Mu, dari si dungu yang tiada berilmu menjadi orang yang benar-benar kau selimuti dengan ilmu-Mu, ya Allah.
Ya Allah, karuniakan kepada kami ampunan-Mu…Ya Allah, berikan keteguhan bagi kami ya Rabb. Jangan biarkan kami tergelincir ya Allah dalam kemaksiatan, jangan biarkan kami jatuh oleh godaan ya Allah, jangan biarkan kami terperosok dalam nafsu yang menjerumuskan, berikan kekuatan kepada kami untuk menjaga diri ya Allah. Kami ingin selamat ya Allah…
Ya Rabb, jangan biarkan nafsu menggelincir kami dari jalan-Mu, jangan biarkan cinta kami kepada makhluk-Mu membuat kami mengkhianati-Mu, jangan biarkan dunia ini menipu, menyilaukan dan memperdaya kami.
Ya Rabb, karuniakan kepada kami indahnya hidup bersama-Mu…
Ya Rabb,  jadikan sisa umur ini menjadi orang yang benar-benar terpesona kepada-Mu, menjadi orang yang selalu merindukan-Mu, menjadi orang yang tak bisa melupakan-Mu. Jadikan hari-hari yang kami jalani hari-hari yang sibuk berbekal pulang kepada-Mu.
Selamatkan orang tua kami ya Allah, tidak berhenti kami mendoakan keduanya, darah dagingnya melekat di tubuh kami. Solehkan yang belum soleh, muliakan yang terhinakan Islamkan yang belum Islam, pertemukan bagi yang belum bertemu dengan orang tuanya di tempat yang berkah.
Ya Allah, ampuni yang orang tuanya berlumuran dosa. Jadikan sisa umurnya menjadi orang mulia di sisi-Mu. Jadikan akhir hayatnya husnul khatimah, lindungi dari siksa kubur ya Allah, jangan….jangan biarkan teraniaya di kubur ya Allah, jadikan ahli surga-Mu ya Allah. Golongkan kami menjadi anak yang tahu balas budi, cegahlah kami dari perbuatan durhaka sekecil apapun.
Ya Allah, selamatkan hamba-hamba-Mu yang berbuat kebaikan kepada kami, juga selamatkan kaum muslimin yang pernah kami sakiti selama ini, berilah hatinya reda dan mahu memaafkan kami. Selamatkan kaum muslimin yang pernah menyakiti kami. Golongkan kami menjadi pemaaf yang tulus.
Ya Allah, lindungi kami dari sifat kikir, lindungi kami dari sifat amarah, lindungi kami dari kemunafikan ya Allah. Lindungi kami dari perilaku zalim kepada siapapun.
Ya Allah, jadikan saat ini saat kau ijabah doa-doa. Kepada siapa lagi ya Allah kami meminta? Sedangkan Engkau penggenggam jagat ini, sedangkan Engkau pemilik segala kejadian. Pada siapa lagi kami berharap selain kepada-Mu. Perkenankan siapapun yang bermunajah di manapun dengan Kau ijabah doanya ya Allah.
Ya Allah, kami ingin bisa pulang selamat, kami ingin bisa pulang selamat, kami ingin bisa pulang kepada-Mu ya Allah. Ya Allah lapangkan yang dilanda kesulitan, cukupi yang kekurangan rezeki ya Allah, mudahkan yang sedang dililit kesulitan, bayarkan yang dihimpit hutang piutang, bahagiakan yang sedang dirundung kesusahan, angkat derajat yang selalu dihina direndahkan. Lindungi yang teraniaya, khususnya saudara-saudara kami di Palestin, Syria dan Myanmar . Teguhkan iman saudara-saudara kami ya Allah. Karuniakan kesabaran, kemenangan bagi hambamu ya Allah. Kembalikan Masjidil ‘Aqsha kepada umat-Mu ya Allah. Ya Rabb, Engkaulah penggenggam musuh-musuh-Mu ya  Allah. Rabb, karuniakan kepada kami berbuat sesuatu untuk kemuliaan agama-Mu, untuk hambamu ya Allah.
Ya Allah berikan kemudahan untuk ibadah kepada kami. Karuniakan solat yang khusyu’, hati yang ikhlas, orang yang cerdas, sehatkan lahir batin kami. Ya Allah, sembuhkan yang sedang ditimpa sakit.
Ya Allah, bagi yang masih berfikiran jahat balikkan hatinya ya Allah, bagi yang masih durhaka bukakan kalbunya ya Allah, bagi yang berlumuran maksiat  tuntun ke jalan-Mu, bagi yang masih kufur beri hidayah ya Allah, mereka juga hamba-hamba-Mu ya Allah.
Ya Allah, berikan kesanggupan kepada kami untuk mengajak hamba-hamba-Mu ke jalan-Mu.
Ya Allah, jadikan saat ini menjadi salah satu saat yang Engkau sukai, saat Kau beri hidayah yang masih tersesat, Kau ampuni yang berlumuran salah dosa. Kau cahaya qalbu yang gulita.
Karuniakan pendamping yang merindukannya, pernikahan yang berkah, rumah tangga yang sakinah, keturunan yang soleh solehah, jangan terlahir dari diri kami keturunan yang durhaka.
Ya Allah, jangan biarkan rumah tangga kami menjadi rumah tangga yang penuh bencana. Ya Allah titipkan kepada kami keturunan yang lebih baik dari pada kami di hadapan-Mu. Jangan biarkan ada anak-anak yang mencoreng aib di wajah kami. Ampuni jika kami salah mendidik mereka, ya Rabb. Ya Allah, jangan biarkan anak-anak kami menghujat kami kelak di akhirat-Mu muliakan dengan Kau masukkan kami semua bersama mereka ke dalam Surga-Mu.
Ya Allah, andaikata bala bencana yang menimpa diri kami, negeri kami, karena perbuatan maksiat yang kami perbuat, jadikanlah saat ini saat ampunan, ya Allah. Ampuni sebusuk apa pun diri kami, ampuni sebanyak apa pun dosa yang kami perbuat. Ampuni segala apapun masa lalu kami, ampuni segala apapun aib-aib yang kami sembunyikan selama ini.
Ya Allah, ampuni jika selama ini kami mendustakan-Mu meremehkan keagungan-Mu, melupakan kasih sayang-Mu. Ampuni jika nikmat yang Kau berikan, kami gunakan untuk berkhianat kepada-Mu. Ampuni jikalau kami begitu sombong kepada-Mu, ampuni amal-amal kami yang amat jarang ini: solat kami yang hampir tiada khushuk, ampuni sedekah kami yang amat kikir, ya Allah. Ampuni kezaliman kami kepada orang tua kami. Engkau Yang Maha Mengetahui luka dihatinya. Ampuni jikalau orang tua kami menyesal melahirkan kami. Ampuni ya Allah, jikalau kami sering melukai dan melalaikannya. Ampuni jika ada orang yang terhina dan tersesat karena lisan kami, ampuni andaikata ada harta haram, makanan haram yang melekat pada tubuh kami ya Allah. Hapuskan semuanya ya Allah.
Rabb, selamatkan bangsa kami ini ya Allah, karuniakan pemimpin yang adil, pemimpin yang mencintai-Mu, mencintai umat-Mu.
Ya Allah, muliakan agama-Mu ini. Jadikan Islam menjadi jalan keluar bagi krisis yang melanda bangsa kami. Jangan biarkan musuh-musuh-Mu menodai dan memfitnah Dien-Mu. Kami yakin Ya Allah, betapapun mereka berusaha keras ingin memadamkan Cahaya-Mu dari bumi ini, Engkau justru akan menyempurnakan Cahaya-Mu, sehingga memancarkan menerangi seluruh lorong persada alam–Mu ini, betapapun orang-orang kafir tidak menyukainya.
Ya Allah, hanya engkau pembalas segala kebaikan, lipat ganda rezeki terhadap siapapun yang membantu dan menjadi jalan bagi sampainya kami di tanah haram ini. Angkat derajat mereka, muliakan hidup  mereka  di  dunia ini, dan  masukkan  mereka   ke   dalam  Surga-Mu……
Ya Allah, kami meminta kepada-Mu haji yang mabrur, sa’i yang masykur, dosa yang terampuni, perniagaan yang tiada pernah merugi. Jangan biarkan haji kami menjadi fitnah. Jadikan haji kami ini membawa keberkahan bagi keluarga, keturunan dan lingkungan kami. Jangan biarkan kami mencemari kehormatan agama-Mu dengan haji ini.
Ya Allah, undang kami kembali berhaji ke tanah suci ini bersama isteri kami, keluarga kami, orang tua kami, sanak saudara kami, anak-anak dan keturunan kami, juga tetangga dan sahabat-sahabat kami,  wahai Yang Maha Mendengar, Engkaulah yang menggenggam segala kejadian.
Ya Allah, hajat kami kepada-Mu begitu sangat banyak, hanya Engkaulah Yang Mengetahui seluruh hajat dan kebutuhan kami. Kami memohon kepada-Mu ya Karim, sepanjang hajat dan kebutuhan kami ini baik menurutmu, dan memberi kemaslahatan dunia dan akhirat bagi kami, maka penuhilah hajat dan kebutuhan kami ini, juga hajat dan kebutuhan isteri,keluarga, orang tua, dan saudara serta sahabat kami.
Ya Allah, akhirnya berilah pada kesempatan ini nikmat, karunia dan keselamatan untuk bisa berhimpun di bawah panji nabi-Mu Muhammad SAW. Beriringan dengan kafilah para nabi-Mu dan rasul-Mu, beriringan dengan semua auliya’, syuhada’ dan shalihin, menuju surga-Mu, tempat tidak seorang tertipu, tempat tidak seorang pun bisa bersedih, tempat semua harapan berjawab, semua derita kan berakhir.
Ya Allah, tiada tempat berharap bagi kami selain kepada-Mu, tiada tempat bergantung bagi kami, selain Engkaulah tempat kembali kami. Penuhilah seluruh harapan kami ini ya Allah dengan Kau ijabah seluruh pinta dan harapan kami ini. Sungguh Engkau tidak pernah mengingkari janji-janji-Mu …Ameen.

( yayasannururrahman.wordpress.com )

No comments:

Post a Comment