Monday, December 1, 2014

Sifat Tawadhu’ (1)


Pelajaran ke-42

a) Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, bahwa rasulullah saw bersabda: Salah satu dari tanda rendah hati (tamadhu’), bahwa seseorang tidak enggan minum sisa minuman saudaranya. Dan tiada seorangpun minum sisa minuman saudaranya, melainkan akan tercatat baginya tujuhpuluh kebajikan dan terhapus tujuhpuluh kejahatan, serta terangkat derajatnya ke tingkat syurga Illiyin.
(Riwayat Sahibul Firdaus)

b) Diriwayatkan bahwa Saiyidina Umar ra berkata: Puncaknya tawadhu’ (rendah hati) ialah bahwa engkau mendahului memberi salam kepada orang Islam yang engkau jumpai, rela duduk dibagian belakang suatu majelis dan tidak suka disebut-sebut orang dan dipuji kerana kebajikan dan taqwanya.

c) Diriwayatkan oleh Alhasan, bahwa rasulullah saw bersabda: Barangsiapa rela menjahit sandalnya dan menampal bajunya dan berdebu wajahnya kerana sujud, maka ia telah bebas dari sifat sombong.

d) Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra bahawa rasulullah saw bersabda: Barangsiapa menghormati dan memuliakan seorang alim, ia telah memuliakan tujuhpuluh nabi dan barangsiapa memuliakan seorang pelajar ia telah memuliakan tujuhpuluh syahid dan barangsiapa mencintai seorang alim tidak akan tercatat dosa-dosanya selama hidupnya.

Wallahu ’alam

H.Salim Bahreisy
Bekal Juru Da’wah Jilid 2
Surabaya, 1977

No comments:

Post a Comment