Tuesday, December 26, 2017

Untaian kata-kata mutiara Imam Ali as.



1. Apabila kekayaan dunia menghampiri seseorang, maka berjatuhanlah kebaikan orang lain (di matanya) dan bila kekayaan dunia itu meninggalkannya, maka lenyaplah kebaikan dirinya.

2. Selemah-lemah orang adalah dia yang tidak sanggup mencari kawan, tetapi yang lebih lemah dari itu adalah dia yang menyia-yiakan kawan-kawan yang dimilikinya.

3. Barang siapa yang lambat ilmunya, tidak cepat pula nasabnya.

4. Setiap seseorang menyembunyikan sesuatu dalam hatinya, pasti akan terlihat pada getaran suara dan perubahan wajahnya.

5. Hilangnya sesuatu yang dibutuhkan, lebih gampang ketimbang mencarinya kepada orang yang bukan ahlinya.

6. Nilai setiap orang terletak pada sesuatu yang dipandangnya baik.

7. Tentang orang yang suka membual, Imam Ali as mengatakan, mereka itu adalah orang-orang yang bila berkumpul gampang dikalahkan, dan bila mereka bercerai-berai tidak bisa dikenali.

8. Alangkah mengherankan bila ada orang yang menghindari makanan kerana takut sakit, tetapi tidak menghindari dosa kerana takut neraka.
 
9. Ada empat hal yang bila keempatnya dimiliki seseorang, niscaya dia akan mudah mencapai cita-citanya; jangan berharap kepada siapa pun kecuali Tuhan, jangan takut apa pun kecuali terhadap dosa, jangan malu untuk mengatakan tidak tahu manakala dia tidak tahu dan jangan menyombongkan diri dengan mengatakan tahu apabila tidak tahu.

10. Hindarkanlah maksiat kepada Allah ketika kamu sendirian, sebab saksi adalah hakim.

11. Pujian lebih dari yang semestinya adalah menghancurkan, sedangkan mengurangi dari yang semestinya adalah kebohongan atau iri hati.

12. Saat berakhirnya kesulitan, di situ terdapat kemudahan dan sesudah menindihnya ujian, di situ terdapat kesenangan.

13. Barangsiapa memperbaiki hubungan dirinya dengan Allah, niscaya Allah akan memperbaiki hubungan dirinya dengan manusia; dan barangsiapa memperbaiki urusan akhiratnya niscaya Allah akan memperbaiki urusan dunianya; dan barangsiapa menjadikan diriNya sebagai penasihatnya, niscaya dia akan memperoleh pemeliharaan dari Allah.

14. Sepandai-pandai orang ialah orang yang tidak membuat manusia berputus asa dari rahmat Allah, tidak berputus asa dari memperoleh peunjukNya dan tidak membuat mereka aman dari siksa Allah.

15. Banyak sekali orang pandai yang dibunuh oleh kebodohannya, dan ilmu yang dimilikinya tidak memberi manfaat kepadanya.

16. Agungkan Khaliq dalam pandanganmu, niscaya makhluk akan menjadi kecil di depan matamu.

17. Seorang sahabat belum bisa disebut sahabat sejati sepanjang belum melindungi sahabatnya dalam tiga hal; ketika dia berada dalam kesulitan, ketika dalam berpergian dan ketika dia meninggal dunia.

18. Manusia itu terbagi tiga: Orang ’alim yang rabbani, orang yang belajar menuju jalan yang selamat, dan orang-orang hipokrit, yang mengikut ke mana angin bertiup dan tidak pernah mau mengambil manfaat dari cahaya ilmu dan tidak berpegang pada tiang yang kokoh.

19. Manusia itu pasti memusuhi sesuatu yang tidak dia ketahui.

20. Barangsiapa yang memaksa pendapatnya, pasti binasa; dan barangsiapa  meminta nasihat kepada orang lain, pasti memperoleh kawan dalam berfikir.

Wallahu ’alam.

Tokoh-tokoh terkemuka ahlul bait nabi
Oleh Ali Muhammad Ali
Pustaka Jiwa Sdn. Bhd, Kuala Lumpur 1997.

No comments:

Post a Comment