Saturday, December 30, 2017

Mutiara kata Imam Al-Baqir as


1. Tidak ada sesuatu yang bias ditangkupkan secara tepat dengan sesuatu yang lain, kecuali kesabaran dan ilmu.

2. Sempurna dari segala yang sempurna dalam pemahaman yang mendalam terhadap agama adalah sabar menghadapi cobaan dan menyedikitkan ma’isyah.

3. Ada tiga hal yang termasuk kemuliaan dunia dan akhirat; memaafkan orang yang berbuat zalim kepadamu, menghubungkan tali persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya darimu, dan bersikap sabar terhadap orang yang bertindak bodoh kepadamu.
 
4. Seseorang belum disebut alim kecuali bila dia sudah tidak lagi dengki kepada orang yang lebih tinggi darinya, dan tidak merendahkan orang yang lebih rendah darinya.

5. Ada tiga hal yang pelakunya belum akan mati sebelum menyaksikan akibat perbuatannya: membangkang (terhadap kebenaran), memutuskan hubungan persaudaraan dan sumpah palsu.

6. Ketaatan yang pahalanya diberikan seketika (di dunia) adalah menghubungkan tali persaudaraan. Sepanjang orang-orang yang berlaku jahat itu menyambungkan tali persaudaraan, maka kekayaannya akan bertambah dan berkembang; dan sumpah palsu dan memutuskan hubungan persaudaraan menyebabkan kekayaan dunia lepas dari pemiliknya.

Wallahu ‘alam.

Tokoh-tokoh terkemuka ahlul bait nabi
Ali Muhammad Ali
Pustaka Jiwa Sdn. Bhd.
Kuala Lumpur, 1997

No comments:

Post a Comment